Apa itu SKB ( SELEKSI KOMPETENSI BIDANG ) ?

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No.20 tahun 2017, materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ditetapkan oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana tersebut. Jenis tesnya tidak sama untuk masing-masing instansi. Namun secara umum ragam tesnya salah satu di bawah ini :

1. SELEKSI SISTEM CAT

Tes Tertulis SKB dengan sistem CAT. Jumlah soalnya 100, nilai benar 5 salah 0, namun tidak ada standar ambang batas. Materinya biasanya seputar instansi dan pekerjaan tekait. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kementerian terkait, lingkup pekerjaan, kewenangan, produk hukum dan UU terkait kementerian, kasus-kasus terkait kementerian, dll. Ukur kemampuan kamu di aplikasi soalonline.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.soalonline.android.

2. PSIKOTES

Berfungsi mengetahui karakter psikologi, kepribadian, potensi diri, atau bahkan unsur-unsur kecerdasan seseorang. 

Ada banyak sekali ragam tes dalam rangkaian tes psikologi yang dipakai oleh para psikolog. Tentu masing-masing punya cara ungkap yang kompleks dan fungsi yang spesifik. Serta masing-masing jenis tes saling melengkapi satu sama lain. Berdasarkan fungsi utamanya, maka ragam psikotes bisa dibagi dalam dua macam jenis tes, yaitu Personaiity Test (Tes Kepribadian), dan Multiple Intelligences Test (Tes Kecerdasan).

Multiple Intelligences Test (Tes Kecerdasan) materinya mirip dengan Tes intelegensia

Umum dalam ujian TKD.

Adapun Personality Test (Tes Kepribadian) materinya meliputi:

  • Tes Melanjutkan Gambar/Wartegg
  • Tes Army Alpha
  • Tes Baum Tree (Tes menggambar Pohon)
  • Tes DrawA Person (DAP) (Tes Menggambar Orang)
  • Tes House Tree Person (HTP) (Tes mengambar Rumah, Pohon, dan Orang)
  • Tes Skala Kematangan (TSK)
  • Kreaplin/Tes Koranffes Pauli
  • Dll.

3.TES KESEHATAN

Dalam seleksi CPNS, ada beberapa kementerian yang menerapkan tes kesehatan. Biasanya ada dua kali tahapan tes kesehatan.

Tes kesehatan pertama biasanya khusus tes bagian luar tubuh. Pada tes ini biasanya akan dites oleh panitia seleksi dalam kondisi telanjang bulat di ruang tertutup. Adapun tes kesehatan kedua khusus tes bagian dalam tubuh.

Seseorang yang suka minum minuman keras ataupun merokok akan diketahui dari tes ini. Dari tes urin untuk mendeteksi penyakit ginjal dan kencing manis. Dari pemeriksaan darah akan diketahui normal atau tidaknya asam urat, kolesterol, gula darah, Hb, lemak darah, trigliserol, dll. Dari rontgen akan diketahui ada tidaknya kelainan atau penyakit paru-paru, jantung, dan organ sekitarnya. Akan ada pula tes EKG (rekamjantung), yaitu untuk mengetahui kondisi jantung baik atau tidak baik; USG (ultrasonografi), yaitu pemeriksaan untuk megetahui benda asing seperti batu ginjal; Spirometri, yaitu pemeriksaan kekuatan pernapasan; Audiometri, yaitu pemeriksaan peka pendengaran, dll.

4. TES FISIK / SAMAPTA

Tidak banyak kementerian yang menerapkan tes kesamaptaan. Jika pun Ada, maka hal berikut yang bisa Anda persiapkan adalah menjaga kebugaran dengan berolahraga rutin.

Berikut ini 5 jenis olahraga sederhana yang mudah dan menyenangkan yang dapat kita lakukan tiap hari untuk menjaga badan tetap bugar:

  1. Berjalan Kaki.
  2. Berlari.
  3. Push Up.
  4. Senam.
  5. Bersepeda.

5. WAWANCARA

Wawancara merupakan sesi terakhir dalam SKB. Beberapa tips untuk wawancara :

  • Sebaiknya, sebelum wawancara, mempelajari dulu profil Kementerian terkait, sejarah singkatnya, dan isu-isu terkini. Informasi ini bisa kalian dapatkan dengan mudah dari situs-situs resmi instansi. Hati-hati dengan hoax.
  • Cukup tidur, sarapan pagi, cukup minum air putih, gosok gigi, sebelum berangkat ke lokasi wawancara. Pastikan badan dan pikiran dalam kondisi prima.
  • Jaga penampilan. Pakaian harus rapi dan sopan sesuai ketentuan. 
  • Saat dipanggil, ucapkan salam, lalu jabat tangan pewancara dengan sopan dan mantap, lalu duduklah dengan rileks dan sopan.
  • Jawablah dengan tegas, logis, runtut, dan proporsional. Wawancara adalah teknik menggali ide dan informasi secara porposional.
  • Sampaikan jawaban sesuai dengan gaya bicara dan karakter kamu sehari-hari.
  • Ucapan dan bahasa tubuh kamu dalam menjawab pertanyaan jangan terlalu dibuat-buat, karena tidak mencerminkan karakter pribadi kamu.
  • Berempati, yaitu berupaya memahami dan menjawab pertanyaan secepat mungkin. kamu dapat menambahkan contoh-contoh atau cara-cara penyelesaian suatu masalah sesuai
  • Berilah jawaban yang logis dan masuk akal. Jangan memberikan jawaban yang sifatnya berandai-andai dan tidak realistis.
  • Tunjukkan mimik wajah yang ramah, Berusahalah untuk selalu menampilkan senyuman kepada pewanwancara dalam setiap menjawab, meskipun kamu belum bisa menjawab pertanyaan tersebut.
  • Tunjukkan pula bahwa kalian memiliki wawasan yang luas tidak saja soal kompetensi akademik, melainkan yang non akademik seperti pengetahuan umum yang sangat populer saat ini. Keluasan wawasan kamu menunjukkan kamu seorang yang haus akan pengetahuan baru.
  • Kata kuncinya adalah Jujur. Kejujuran merupakan salah satu nilai agung, nilai universal yang dijunjung tinggi dimana pun kita berada, dan apa pun profesi kita. 

Untuk mencoba tes-tes tersebut, kamu bisa langsung download SoalOnline di googleplay 

 

SaveSave

SaveSave

SaveSave

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.